LPMP Prov. Bangka Belitung Gelar BESALIN di SMAN 1 Tempilang

By | 1 November 2021

Kunjungan LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mana acara ini di hadiri Kepala SMA Negeri 1 Tempilang Suryadi, M. Pd, Kapala Cabang Dinas Pendidikan Wialayah IV Kabupaten Bangka Barat Bapak Sudarni, S. Pd, Perwakilan Dinas Provinsi Kep. Bangka Belitung Bapak Danu Sutara Sukma, SE, Kepala LPMP Bapak Hendri Gunawan, S.T., M.T., Kasi SMA Bapak Arip Mulyadi, SE, Koordinator LPMP Bapak Edwar, S.S, M. Pd dan Pengawas Pendidkan Tingkat SMA Bapak Drs. H. Ishak

Dengan mrengusung tema Besalin yaitu Belajar Sains Literasi dan Numerasi yang dipimpin langsung Kepala LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bapak Hendri Gunawan, S.T., M.T. Yang mana beliau menjelaskan Pendidikan di Indonesia berangsur-angsur akan menuju kurikulum paradigma baru yang Berdasarkan tujuan pendidikan nasional dirumuskan Profil Pelajar Pancasila (PPP) yang akan mendasari Standar Isi Pendidikan, Standar Proses Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan. Mengacu kepada semua hal di atas pemerintah menetapkan struktur kurikulum, Capaian Pembelajaran (CP), Prinsip Pembelajaran, dan assesmen. Selanjutnya sekolah menetapkan kurikulum operasional yang dikembangkan sendiri secara mandiri. Maka dalam kesempatan ini Hendri Gunawan, S.T., M.T. selaku ketua LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggaungkan satu-satunya program yang mana program ini hanya ada di LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu dengan sebutan Besalin yang dimaknai dengan:

  1. Mengganti paradigma lama dengan paradigma baru
  2. Mengganti tata cara pembelajaran yang lama dengan yang baru
  3. Mengedepankan Peserta didik Yang Lebih Aktif Dalam Belajar

Dengan harapan siswa mempunyai daya saing yang kuat dalam belajar baik tingkat daerah, provinsi, Nasional bahkan Internasional mereka menjadi pemberani Tangguh dengan berbagai tantangan dengan demikian profil Pancasila dapat terwujud secara baik dan benar.

Sedangkan Menurut Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Pendidikan merupakan tiang pancang kebudayaan dan pondasi utama untuk membangun peradaban bangsa. Kesadaran akan arti penting pendidikan akan menentukan kualitas kesejahteraan lahir batin dan masa depan Bangsanya. Oleh karena itu substansi pendidikan, materi pengajaran dan metodologi pembelajaran harus dirubah, serta harapan untuk semua guru dan pesertadidik harus dituntut dapat menguasai bidang tehnologi yang saat ini berkembang dengan pesat jangan sampai generasi yang akan datang tertinggal jauh, sehingga mengakibatkan mereka tidak bisa mempuyai daya saing yang kuat. Pesan yang di sampaikan oleh Bapak Danu Sutara Sukma, SE dalam kata sambuatannya sekaligus membuka acara tersebut mengatakan Tujuan kita yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, maka kita harus mengedukasi mempersiapkan semuanya sehingga anak – anak kita menjadi pemimpin-pemimpin yang di banggakan oleh bangsanya, sayang kepada dirinya, sayang kepada keluarganya, sayang kepada lingkungannya, dan sayang kepada bangsa dan agamanya.

Dokumentasi Kegiatan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *